Senin, 08 Maret 2010

MENGETIK MANUAL (TYPEWRITER)

A. Pengertian Mesin Tik
Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas.

Mereka yang menggunakan mesin ketik dikenali sebagai juru ketik.

Mesin ketik mempunyai tombol mesin ketik, dengan tombol untuk huruf pada font. Cara bagaimana mesin ketik meletakkan tanda pada kertas sekarang adalah macam-macam, mirip dengan macamnya jenis mesin cetak. Tapi sampai penghujung abad ke-20, hal ini biasanya dilakukan dengan pukulan logam atau, kemudian dengan unsur jenis plastik berlogam pada pita bertinta yang menyebabkan tinta melekat pada kertas. Kertas karbon kadang kala diselipkan antara beberapa lapisan kertas, agar salinan huruf dicetak pada setiap lapisan kertas.

1. Mesin Tik Manual
Menurut G.R Terry (the Liang Gie,1987:234"....pekerjaan pengetikan dalam suatu kantor merupakan pekerjaan yang paling banyak, yaitu 24,6% bila dibandingkan dengan pekerjaan- pekerjaan lain nya."
mesin tik manual adalah mesin tik yang pengoprasionalan seluruhnya memakai tenaga manusia.

2. Mesin Tik Listrik
Mesin tik listrik adalah mesin tik yang di gerakan oleh bantuan tanaga listrik.
mesin tik listrik juga dapat membuat tembusan sampai 22 lembar kertas doorslag,alat-alat lain nya sebagian bekerja secara otomatis dengan sistem sentuhan ( touch system). mesin tik listrik ini sangat membantu bagi pengetik untuk mengurangi kelelahan.

3. Mesin Tik Elektronik
Mesin tik elektronik adalah mesin tik yang di gerakan oleh tenaga listrik dan mempunyai komponen-komponen elektonik.

Mesin ketik ditemukan oleh Hendry pada tahun 1714, mesin ketik masih tetap dipergunakan dalam hal melaksanakan tugas-tugas kantor. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh seorang tokoh admistasi G.R.Terry, menyatakan bahwa dari sekian banyak pekerjaan kantor, frekuensi pekerjaan mengetik mencapai 24.6% dari seluruh tugas kantor yang ada.
Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin, atau alat elektronik dengan sebuah set tombol-tombol yang, apabila ditekan, menyebabkan huruf dicetak pada dokumen, biasanya kertas. Mereka yang menggunakan mesin ketik dikenali sebagai juru ketik. Mesin ketik mempunyai tombol mesin ketik, dengan tombol untuk huruf pada font. Cara bagaimana mesin ketik meletakkan tanda pada kertas sekarang adalah macam-macam, mirip dengan macamnya jenis mesin cetak. Tapi sampai penghujung abad ke-20, hal ini biasanya dilakukan dengan pukulan logam atau, kemudian dengan unsur jenis plastik berlogam pada pita bertinta yang menyebabkan tinta melekat pada kertas. Kertas karbon kadang kala diselipkan antara beberapa lapisan kertas, agar salinan huruf dicetak pada setiap lapisan kertas.
Jenis-jenis mesin ketik
Jenis dan bentuk mesin ketik yang beredar didunia perkantoran sangat bervariasi dilihat dari segi kualitas, merek, dan model. Dilihat dari mereknya mesin ketik ada beberapa jenis antara lain: Olimpia, Royal, Adler, brother, continental, IBM, dan lain sebagainya. Dan ada juga yang diambil dari nama penemu mesin ketik atau juga dari nama pabrik. Jenis-jenis mesin ketik dapat digolongkan menjadi:

Jenis-jenis mesin ketik
Jenis dan bentuk mesin ketik yang beredar didunia perkantoran sangat bervariasi dilihat dari segi kualitas, merek, dan model. Dilihat dari mereknya mesin ketik ada beberapa jenis antara lain: Olimpia, Royal, Adler, brother, continental, IBM, dan lain sebagainya. Dan ada juga yang diambil dari nama penemu mesin ketik atau juga dari nama pabrik. Jenis-jenis mesin ketik dapat digolongkan menjadi:

A. Besar kecilnya ukuran mesin.
1. Mesin ketik portable
Mesin jenis ini ukurannya kecil dan ringan hingga dapat dibawa kemana-mana dan dilengkapi satu buah tutup yang menyerupai tas atau koper kecil.
2. Mesin ketik semi standar
Mesin ketik semi standart dinamakan juga dengan mesin ukuran sedang dan lebih lengkap komponennya dari mesin ketik portable.
3. Mesin ketik standar
Ukuran mesin ketik yang paling besar dan berat hingga sulit memindahkannya. Dan perlengkapannya lebih sempurna dari mesin ketik ukuran portable dan semi standar.B. Berdasarkan ukuran huruf.
1. Mesin ketik huruf Pica(Pica type).
Huruf Pica adalah jenis huruf ukuran besar, setiap satu inci ketikan
menempati sepuluh hentakkan. Ini biasanya digunakan karya ilmiah.
2. Mesin ketik huruf Elite(elite type)
Ukuran huruf ini lebih kecil dari huruf pica. Setiap satu inci ketikan
memuat 12 hentakan.

C. Berdasarkan tenaga pengerak
1. Mesin ketik manual(Manual type writer)
Mesin ketik ini sering disebut dengan mesin ketik tangan yang digerakkan oleh tangan manusia, mulai dari menghentak tuts, mengeserkan gandaran dan lain sebagainya.
2. Mesin ketik listrik (electric type writer)
Mesin ketik ini digerakan oleh tenaga listrik. Manusia berperan sebagai pengendali pengoprasian.

Bagian gandaran mesin ketik
Bagian gandaran adalah suatu bagian mesin ketik yang dapat disorong kekiri dengan mengunakan kait dan saat mengetik bagian ini bergerak satu-satu spasi kekanan. Pada bagian gandaran terdapat beberapa peralatan, antara lain:
1. Rol(cylinder)
Bentuknya bulat dan panjang seperti silinder, terdapat disepanjang gandaran didepan papan kertas.
2. Penuntun kertas (paper guide)
Terbuat dari logam putih mengkilat yang posisisnya dapat digeser-geser. Alat ini terdapat disebelah kiri papan kertas mesin ketik standar.
3. Skala penuntun kertas(paper guide scale)
Skala ini terdapat pada papan kertas mesin ketik ukuran standar gunanya untuk menentukan posisi kertas.
4. Tombol penggulung(platen knop)
Tombol ini terdapat diujung kiri dan kanan rol, dan bentuknya bulat serta pinggirnya bergerigi.
5. Pembebas gandaran(Carriage release lever)
Terdapat disebelah kiri dan kanan gandaran, alat ini bila ditekan atau ditarik maka gandaran akan lepas denga mudah.
6. Papan kertas(paper rest/paper table)
Posisi alat initerdapat disepanjang gandaran bagian depan silinder dan digunakan sebagai tempat memasukkan kertas dalam gandaran
7. Pemegang kertas(paper holder bail)
Bentuknya berupa dua buah silinder kecil pada mistar kertas yang berfungsi sebagai alat pemegang dan merapatkan kertas pada silinder.
8. Kait(carriage return)
Berupa tangkai yang terbuat dari logam putih terdapat disebelah kiri gandaran dan digunakan untuk mendorong gandaran dari kiri ke kanan sekaligus membentu garis baru.
9. Pengatur jarak baris(line space regulator)
Alat ini terdapat di kiri dekat kait. Gunanya menentukan jarak baris ketikan dengan baris berikutnya pada angka tertentu.
10. Mistar kertas(paper bail)
Terdapat disepanjang rol dan memiliki skala berfungsi untuk menekan kertas dengan baik pada rol sekaligus mengukur lebar kertas.
11. Pembebas rol(platn release)
Terdapat di sebelah kiri gandaran, bentuknya hamper sama dengan pembebas kertas dan digunakan untuk membebaskan rol dari tekanan gerigi jarak baris, sehingga rol dapat diputar dengan bebas.
12. Pembebas jarak baris (variable line space)
Terdapat pada tombol penggulung sebelah kanan dan adakalanya disebelah kiri bagian atas gandaran. Cara menggunakan alat ini ada yang tertarik keluar dan ada pula yang ditekan.
13. Penekan segi (pasak pinggir, margin stop)
Terdiri dari 2 buah, terdapat dibelakang papan kertas sebelah kiri dan kanan berfungsi sebagai batas pengetikan sebelah kiri dan kanan.14. Papan penghapus (erase table)
Terdapat diatas sepanjang silinder yang fungsinya sebagai landasan pada saat menghapus tanpa harus melepas kertas.
15. Pembebas tabulator total (tabulator clearing lever)
Dengan menarik alat ini kebawah, pasak tabulator terhapus secara keseluruhan. Terdapat disebelah kiri dan kanan bawah gandaran dan biasanya terdapat pula mesin ketik standar.
16. Penopang kertas (paper support)
Gunanya untuk menopang kertas yang sedang diketik agar tidak menyentuk meja. Terbuat dari mika atau baja dan letaknya ditengah bagian belakang gandaran, dan ada pula di papan kertas.
17. Petunjuk panjang kertas ( paper light indicator)
Gunanya untuk menunjukkan batas akhir ketikan agar tidak terlampau kebawah.
Komponen pada bagian kerangka
Kerangka ini meliputi bagian bawah gandaran sampai ke depan papan tuts. Umumnya mempunyai tutup bila dibuka akan kelihatan didalamnya 2 buah spul
gulaungan pita.
Terdapat beberapa jenis antara lain :
a) Penuntun Titik Pengetikan (type guide)
b) Pemegang label atau kartu(card and label holder)
c) Pemegang pita mesin(ribbon holder)
d) Pengembali putaran pita(ribbon feed release)
e) Pengatur pemakaian pita(ribbon indicator and stencil lever)
f) Pengatur hentakkan(toch adjuster)
g) Penuntun baris(aligment guide)
h) Lonceng(bel)
Bagian tuts mesin
Kelompok ini terdiri dari 4 baris secara horizontal yang meliputi tuts
huruf, angka, tanda baca, dan tanda-tanda lain.

Nama-nama mesin ketik manual:
1. Tuts (key)
2. Tuts pemundur (back space)
3. Tuts pembebas margin (margin release)
4. Tuts pengubah (shift key)
5. Kunci pengubah (shift lock)
6. Bilah spasi (space bar)
7. Tuts atau bilah tabulator (tabulator key/tabulator bar)
8. Tuts pemasang tabulator (tabulator stop set key)
9. Tuts pembersih pasak tabulator (tabulator stop clear key)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar